Kamis, 28 Juni 2012

SeoulMate oleh Lia Indra Andriana



Harapan... itulah yang membuat kita bisa menggapai apa yang kita inginkan. Sebuah Harapan dan kepercayaan.

Kim Sun, seoarang mahasiswa yang sedang menikmati liburan musim panasnya dengan menjadi seorang guide di traveliyagi. Kehilangan membuat dia memiliki sebuah kemampuan yang dia tidak tahu apa harus si syukuri atau sebaliknya. Sun memiliki kemampuan melihat hantu.
Iya, kemampuan melihat hantu. Karna kemampuan itu dia selalu di kejar oleh Siwon, seorang owner SeoulMate yang ingin mengajak Sun untuk bergabung bersama SeoulMate.
Apa itu SeoulMate?
SeoulMate adalah organisasi yang membantu para hantu agar dia merasa berguna di bumi ini. Mereka menerima berbagai macam proposal yang di ajukan oleh klien kepada mereka. Mate bertugas untuk menjaga serta membantu hantu saat melaksanakan proposal, sedangkan Soul bertugas untuk melaksanakan proposal para klien.
Sudah berkali-kali Sun menolak ajakan Siwon, tapi saat Siwon mengatakan sebuah kalimat yang membuat keteguhan Sun goyang.
Inti dari SeoulMate adalah menolong. Menolong klien dengan proposalnya. Menolong soul supaya mereka masih merasa diperlukan di bumi, saat mereka belum bisa menyelesaikan urusan tertinggal mereka. Selain itu, menolong mate juga. Kemampuan melihat hantu memang bukan sepenuhnya anugerah. Ada saat di mana kita merasa takut dan tidak ingin menjadi orang yang lebih tahu. Di SeoulMate, aku tahu diriku berguna dan kamu juga akan merasakan hal yang sama jika bergabung, Sun.”
Sun menyanggupi ajakan Siwon untuk bergabung di SeoulMate, dan dia di pasangkan dengan seorang mate yang lupa ingatan. Namanya Jang, dia meminta Sun untuk membantunya mencari asal-usulnya.
Awalnya Sun bingung bagaimana caranya membantu Jang untuk mencari tahu asal-usulnya. Namun tanpa di sadari oleh Sun, kunci untuk mencari tahu asal-usul Jang telah ada di depan matanya sejak lama. Tapi Sun tidak pernah menyadari. Tapi, pada suatu hari, saat Sun menjadi Guide di Insadong untuk empat orang turis yang berasal dari Surabaya dia sadar, bahwa selama ini melewati satu hal yang tanpa di sadarinya adalah kunci untuk mencari tahu asal-usul Jang.
Saat Sun sudah mengetahui asal-usul Jang, dia di hadapkan pada dua pilihan. Yaitu, memberitahu Jang tentang asal usulnya dengan resiko dia akan kehilangan Jang atau menutup semuanya rapat-rapat agar Jang tidak pergi.
Jadi, pilihan yang mana yang di pilih oleh Sun?
Silahkan di baca, dan temukan jawabannya.

Aku tertarik untuk membaca novel ini yang pertama adalah karna covernya yang unik dan yang kedua karna sinopsisnya. Selain itu, ini adalah novel pertama mbak Lia Indra Andriana yang aku baca padahal mbak Lia telah menerbitkan banyak novel.
Pertama-tama bacanya jujur aku bingung sama ceritanya masih belum mengerti jalan ceritanya serta masih belum mengerti apa itu SeoulMate. Tapi aku terus membacanya karna penasaran dengan jalan ceritanya.
Dan saat aku membaca novel ini, entah sudah berapa banyak aku membaca kata ‘berharap’ maupun ‘harapan’. Dan novel ini memberikan pelajaran kepada kita untuk tidak pernah berhenti berharap. Kenapa?
Harapan... itulah yang membuat kita bisa menggapai apa yang kita inginkan. Sebuah harapan dan kepercayaan.”
Jika aku tidak tahu kalau ternyata novel ini memiliki lanjutannya, aku pasti akan memberikan 2 bintang. Kenapa? Karna endingnya sumpah ‘GANTUNG’ dan membuat yang bacanya pasti nyesek + bingung.
Jadi berapa bintang yang aku berikan? Dengan penuh keyakinan aku memberikan 4 bintang untuk novel ini. Karna ceritanya yang unik, covernya yang unik, serta ceritanya yang membuat aku tidak pernah berhenti berharap walaupun itu sesuatu yang sepertinya mustahil :D

 by. Hayati  (✿◠‿◠)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar