Selasa, 10 Juli 2012

Percaya oleh Diego Christian




Terkadang, saat kita nggak bisa jelaskan dengan logika gimana caranya untuk menyelamatkan seseorang yang kita hargai dan sayangi, kita cuma perlu percaya.

Tintani Subrata adalah seorang gadis remaja yang bisa di katakan memiliki hidup yang sempurna. Memiliki wajah yang cantik, pintar, populer di sekolahnya, memiliki Ayah yang bisa memberikan apa pun yang di butuhkannya (baca:kaya). Tapi nggak ada manusia yang memiliki kesempurnaan di dunia ini, karna kesempurnaan hanyalah milik Tuhan.
Dari luar Tintan memang bisa di katakan memiliki hidup yang sempurna, tapi siapa yang sangka kalau sebenarnya hidupnya itu hampa. Kenapa? Karena sejak berumur 4 tahun dia telah di tinggal mati oleh sang Ibu dan selama 13 tahun hubungannya dengan Ayahnya tidak begitu baik, hubungan mereka begitu kaku dan terasa dingin serta terjadi perselisihan.
Karena hubungan dengan Ayahnya yang renggang, membuat Tintan jadi dekat dengan adik Ayahnya yang dari kecil di panggilnya Anti. Anti dengan kasih sayang yang begitu tulus selalu sabar menghadapi sifat Tintan yang keras kepala serta selalu memberikan nasihat kepada Tintan agar mulai mengalah dan memulai percakapan terlebih dahulu kepada sang Ayah.
Tintan pun mulai mencoba untuk mendekatkan diri kepada Ayahnya, dan akhirnya Tintan bisa berbicara seperti Ayah dan anak dengan Ayahnya. Tapi sayangnya, nggak ada yang tahu kapan orang yang sangat kita sayangi akan pergi untuk selamanya dari hidup kita. Dan itu juga yang di alami Tintan, di saat hubungannya dengan Ayahnya mulai membaik dia harus kehilangan orang yang di sayanginya untuk kedua kalinya.
Di saat seperti ini, apakah Tintan bisa kembali menjalani hari-harinya seperti saat sebelum dia kehilangan Ayahnya? Apakah Anti bisa membantu Tintan untuk melewatinya? Apakah Anti bisa membuat Tintan sadar akan makna dan arti dari kehidupan? Silahkan di baca selengkapnya di novel ini ^^
Saat aku membaca novel ini, aku pikir novel ini ceritanya tentang cinta-cintaan anak remaja, tapi aku salah TOTAL!! Novel ini menceritakan tentang kisah hidup seorang anak yang memiliki konflik dengan Ayahnya. Selain itu novel ini juga sarat akan pesan moral, di saat seperti sekarang ini yang di penuhi dengan novel-novel tentang cinta-cintaan ternyata masih ada novel yang menceritakan tentang hubungan antara Ayah dan anak, salut banget sama Diego Christian yang memilih tema ini.
Novel Percaya adalah debut pertamanya, dan hasilnya saja sudah seperi ini apalagi untuk novel-novel selanjutnya. Setelah membaca novel ini aku sadar, ternyata bukan hanya kasih ibu yang sepanjang masa, tapi kasih seorang ayah juga sepanjang masa.
Dan aku sangat sangat sangat kagum sama sosok Anti di sini, yang begitu menyayangi Titan seperti anaknya sendiri, malah sudah di anggapnya seperti anaknya sendiri. Buku yang benar-benar bagus!! Sangat jarang sekali aku menemukan buku yang tidak dominan dengan tema cinta-cintaan anak remaja.

Kadang, proses yang berat adalah belajar kehilangan manusia, bukan belajar mencintainya.

4/5

by. Hayati  (✿◠‿◠)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar