Kamis, 23 Februari 2012

Sebelas Patriot oleh Andrea Hirata


Baru aja selesai baca novel ‘Sebelas Patriot’ karyanya Andrea Hirata. Novel ini hasil pinjam dari kakak ku. Wuaaaah, pas bacanya awal-awalnya agak-agak nggak ngerti yah taulah orang aku biasanya baca novel TeenLit kan *ngeles* Hihihi... Tapi pas udah masuk pertengahan aku mulai ngerti daaaan aku ‘NANGIS’ yah aku nangis! Gak ada sad ending gak ada yang mati kok. Lalu kenapa aku nangis? Karna aku terharu pas bacanya. Hiksss, mana nangisnya pas di kelas lagi *ketawan deh kalo di kelas suka curi-curi waktu buat baca novel* Sumpaaah, Belanda kejam banget deh!!
Oke deh, novel ini menceritakan tentang seberapa besarnya cinta seorang anak yang bernama Ikal kepada Ayahnya tercinta. Ikal berusaha sekuat tenaga untuk melanjutkan keinginan sang ayah yang tidak tercapai karna kekejaman Belanda. Bayangin aja, masa gara-gara Ayahnya si Ikal jago main bola dan jadi pemain sayap kiri terus dapat mengancam posisi pemain bola Belanda, tempurung lutut kirinya di pecahkan sama Belanda. Aku bayangin aja langsung ngeri!! Nah pas bagian itu aku sumpaaah nggak tahan lagi buat nangis :’( Hiksss...
Balik lagi ke cerita. Jadi, si Ikal juga main bola dia jadi pemain saya kiri juga. Karna dia mainnya baik, Ikal menjadi pemain wakil Provinsi. Wuaaah, seneng banget dong pastinya si Ikal. Pas dia jadi pemain Provinsi terbukalah gerbang untuk menjadi pemain junior PSSI. Tapi... tapi... tapi... sayang dia ‘GAGAL’ T_T
Nah, yang bagian ini aku saluuuut banget sama Ikal. Walaupun dia gagal jadi pemain junior PSSI dia nggak putus asa. Walaupun dia kecewa berat, karna nggak bisa membuat Ayahnya senang. Dia tetap mencoba berkali-kali walaupun tetap gagal juga.
Setelah selesai SMA, Ikal pergi ke Spanyol. Nah, di Spanyol inilah dia berencana beli baju kaos Figo untuk sang Ayah. Bagiaaan ini juga buat aku terharu. Saat dia datang ke toko resmi Madrid. Kaos yang di carinya ada, bertanda tangan asli Figo tinggal satu-satunya dengan harga 250 Euro sedangkan dia hanya memiliki 60 Euro. Jadi Ikal berkata kepada Adriana si penjaga toko bahwa dia akan kembali. Selama beberapa hari Ikal bekerja di Nou Camp dan saat dia datang lagi ke toko kaosnya sudah tidak ada lagi di dalam bingkai, ternyata Adriana menyimpannya untuk Ikal. Wuah, terharu banget pas bacanya.
Buku ini emang tipis hanya 101 halaman. Tapi isinya luar biasaaa memotivasi! Dan aku berharap dunia sepak bola Indonesia semakin maju. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar